103 Karya dari 87 Seniman akan Meriahkan Art Jog 2015

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 03 Jun 2015 22:54 WIB
pameran lukisan
103 Karya dari 87 Seniman akan Meriahkan Art Jog 2015
Seniman Eddi Prabandono saat merampungkan karya seni rupanya berjudul "Membangun Ketahanan Pangan" di Taman Budaya Yogyakarta, Rabu (3/6). Antara/Regina Safri

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sebanyak 103 karya dari 87 seniman nasional maupun internasional akan tersaji dalam even Art Jog 2015. Pameran seni kedelapan yang diadakan ini akan dibuka pada 6 Juni dan berlangsung hingga 28 Juni, di Taman Budaya Yogyakarta.

Director Art Jog ke-8 2015, Satriagama Rakantaseta, mengatakan tema yang diusung yakni Infinity In Flux. Menurutnya, tema itu sesuai dengan pelaksanaan pameran yang kedelapan.

"Angka 8 sebagai simbol ketidakterhinggaan," katanya dalam konferensi pers, di Greenhost Jalan Prawirotaman II, Yogyakarta, Rabu (3/6/2015).

Salah satu karya yang akan merefleksikan tema itu, yakni buatan seniman asal Jepang, Yoko Ono. Karya itu berupa pohon yang bisa digunakan untuk menggantungkan tulisan harapan yang dituliskan dalam sebuah kertas.

"Menginisiasi gerakan harapan yang tak pernah hilang. Pohonnya menggunakan tanaman lokal. Pengunjung bisa bertemu dengan seniman yang berpameran," kata dia.

Bambang 'Toko' Witjaksono, sebagai kurator pameran, menjelaskan karya-karya yang ditampilkan lebih bersifat intermedia. Tak hanya seperti lukisan patung, namun ada bunyi, gerak, dan cahaya. "Tahun ini ada satu lukisan di atas kanvas," ungkapnya.

Ia menambahkan Art Jog kali ini akan berbeda dengan yang sebelumnya. "Art Jog yang lalu lebih ke sejarah, kini temanya macam-macam," cetusnya.
 


(UWA)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA