102 Juta Pemilih Terdaftar Pilkada Serentak

Arga sumantri    •    Rabu, 03 Jun 2015 23:24 WIB
pilkada serentak
102 Juta Pemilih Terdaftar Pilkada Serentak
Sekretaris Jenderal (Kemendagri) Yuswandi A. Tumenggung (kanan) menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Pilkada Serentak 2015 ke Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik di Kemendagri. (Foto: MI/Panca Syurkani).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hari ini menyerahkan data kependudukan jenis Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). DP4 diserahkan dalam rangka penyelenggaraan Pilkada serentak.

"Ini akan digunakan KPU sebagai bahan dalam penyusunan daftar pemilih Pilkada serentak periode pertama tahun ini," kata Sekjen Kemendagri, Yuswadi A Tumenggung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Rabu (3/6/2015).

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik mengapresiasi ketepatan waktu penyerahan data kependudukan dari Kemendagri. Menurut Husni, ini akan mempermudah kerja KPU untuk segera mengolah data pemilih jelang pelaksanaan Pilkada serentak.

"Kami akan segera tindak lanjuti kepada 308 kabupaten/kota dan 9 provinsi yang akan melaksanakan Pilkada serentak," kata Husni.

Total ada 102 juta lebih pemilih yang terdaftar mengikuti Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Jumlah ini hampir mendekati jumlah pemilih pada ajang pemilihan Presiden lalu yang berjumlah 190 juta pemilih.

"DP4 ini telah lampaui 50 persen. Amat wajar inilah Pilkada terbesar sampai saat ini," ujar dia.


(MEL)