Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

   •    Kamis, 04 Jun 2015 06:56 WIB
ramadan 2015
Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik
Harga cabai rawit mulai merangkak naik jelang Ramadan. (Foto: MI/Bary Fathahilah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjelang awal bulan Ramadan, harga-harga kebutuhan pokok di sejumlah wilayah mulai merangkak naik. Salah satunya terjadi di Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Di pasar-pasar tradisional, harga bumbu dapur seperti cabai keriting, cabai rawit, bawang dan telur mengalami kenaikan hingga dua kali lipat. Sebelumnya, harga cabai keriting per kilogramnya hanya Rp15.000 dan naik menjadi Rp25.000 per kilogram.

Sementara harga telur yang sebelumnya berada di kisaran harga Rp35 ribu merangkak naik hingga Rp39 ribu per raknya. Bawang putih juga naik ke harga Rp8 ribu dari sebelumnya hanya Rp7 ribu.

Tak hanya di Jeneponto, di Cianjur Jawa Barat pu harga-harga kebutuhan pokok rumah tangga mengalami kenaikan. Komoditi sayuran mengalami kenaikan harga masing-masing jenisnya sebesar Rp2 ribu, sementara harga daging ayam potong berada di kisaran Rp32 ribu dari harga sebelumnya sebesar Rp27 ribu.

Salah satu pedagang di pasar tradisional Cianjur, H. Iceu menuturkan, naiknya harga komoditi sayur disebabkan karena pasukan dari luar daerah sulit didapat. Hal itu tak sebanding dengan permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pokok yang meningkat menjelang ramadan.


(MEL)