Ingin Siswanya Fokus Belajar, Guru AS Gunakan Jammer di Dalam Kelas

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 04 Jun 2015 07:16 WIB
peristiwa
Ingin Siswanya Fokus Belajar, Guru AS Gunakan Jammer di Dalam Kelas
Foto ilustrasi (Ubergizmo)

Metrotvnews.com: Penggunaan ponsel memang banyak menghadirkan manfaat, tetapi tak bisa disangkal bahwa penggunaannya juga cukup banyak menimbulkan masalah. Salah satunya adalah kasus klasik yaitu penggunaan ponsel di dalam kelas oleh para pelajar.

Hal tersebut tentunya akan mengganggu konsentrasi belajar bahkan dapat mengganggu proses belajar mengajar. Biasanya, ponsel sang siswa ditarik selama pelajaran dan akan dikembalikan setelah pelajaran, tetapi cara tradisional tersebut masih dianggap kurang ampuh.

Untuk itulah seorang guru di Florida, Amerika Serikat, menggunakan alat pengganggu sinyal ponsel atau jammer saat kelasnya berlangsung. Guru bernama Dean Liptak tersebut mengakui bahwa dirinya menggunakan alat penganggu sinyal telepon di dalam kelas agar para siswanya dapat berkonsentrasi belajar dan tidak teralihkan oleh aktivitasnya bersama ponselnya.

Sayangnya, aksi Dean Liptak dianggap melanggar hukum karena penggunaan dan penjualan alat pengganggu sinyal memang tidak diperbolehkan menurut peraturan setempat. Hal tersebut membuat Dean Liptak harus berurusan dengan aparat dan akhirnya dihukum dengan cara skors atau tidak dapat bekerja selama lima hari tanpa dibayar. (Ubergizmo)


(ABE)