Pasokan Beras di Surakarta Aman Menjelang Ramadan

Mufti Sholih    •    Kamis, 04 Jun 2015 07:26 WIB
ramadan 2015
Pasokan Beras di Surakarta Aman Menjelang Ramadan
stok beras bulog---Ant/Dedhez A

Metrotvnews.com, Surakarta: Perum Bulog Sub Divisi Regional III Surakarta menegaskan persediaan pangan di wilayahnya menjelang Ramadan 2015, terkendali. Bulog sudah menyiapkan sebanyak 36.000 ton setara beras, sehingga masih dalam kondisi aman.

"Stok beras yang mencapai 36 ribu ton itu mampu untuk ketahanan pangan di Surakarta selama lima setengah bulan ke depan," kata Kepala Perum Bulog Sub-Divre III Surakarta, Yudi Prakasa Yudha seperti dilansir Antara, Kamis (4/6/2015).

Menurut Yudi, stok beras dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah eks Karesidenan Surakarta, yakni Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, dan Kota Solo. Bulog, kata dia, akan menyalurkan jumlah pagu beras untuk masyarakat miskin (raskin) secara total sebanyak 6.667 ton per bulan untuk 444.533 Rumah Tangga Sasaran (RTS).

"Kami sudah menyalurkan beras kepada masyarakat sebanyak lima tahap atau dari Januari hingga Mei 2015 sebanyak 33.339,8 ton," katanya lagi.

Selain itu, Bulog juga melakukan pengadaan pangan dengan menyerap gabah hasil panen petani, dan hingga awal Juni ini realisasinya mencapai sekitar 31.000 ton setara beras. Yudi menjelaskan, pihaknya juga tetap berupaya melakukan pengadaan hingga akhir Desember mendatang, untuk memenuhi kebutuhan pangan di daerahnya. Dia tetap optimistis pengadaan gabah di Bulog Surakarta akan melebihi prognosa yang ditargetkan.


(TII)