Harga Minyak Dunia Ambles 3%

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 04 Jun 2015 08:49 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Dunia Ambles 3%
Ilustrasi kilang minyak. AFP PHOTO / MARC PREEL

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak mentah dunia melemah hampir tiga persen pada perdagangan Rabu waktu setempat. Para pedagang dan investor mengabaikan penurunan mingguan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS).

Reuters melansir, Kamis, 4 Juni, sentimen negatif terjadi menjelang pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang juga membebani pasar.

OPEC, yang memompa lebih dari  sepertiga minyak dunia, diperkirakan akan menolak panggilan untuk menurunkan produksi mereka. Bahkan, mereka akan terus memproduksi sekitar dua juta barel per hari di atas permintaan.

Persediaan minyak mentah AS turun 1,95 juta barel pekan lalu, lebih dari perkiraan para analis sebesar 1,7 juta barel. Demikian dilaporkan dalam jajak pendapat Reuters, laporan dari Energy Information Administration dikelola pemerintah (EIA).

Stok minyak mentah di Cushing, Oklahoma, hub pengiriman minyak AS juga turun, bersamaan dengan stok bensin. Namun stok distilat, termasuk diesel dan minyak pemanas, naik 3,8 juta barel, atau hampir empat kali dari sebelumnya 1,1 juta barel.

Harga minyak mentah berjangka sudah stabil dari kombinasi liarnya gerak dolar AS serta memotong kerugian pada laporan EIA sebelum jatuh tiga persen dalam perdagangan sore. Harga minyak Brent LCOc1 mentah menetap USD1,69 per barel atau 2,6 persen menjadi USD63,80 per barel. Sementara minyak mentah AS CLc1 juga menetap 2,6 persen atau USD1,62 ke USD59,64 per barel.


(AHL)