Pembangunan Infrastruktur Lampung Butuh Rp4 Triliun

Antara    •    Kamis, 04 Jun 2015 10:11 WIB
infrastruktur
Pembangunan Infrastruktur Lampung Butuh Rp4 Triliun
Infrastruktur (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Bandar Lampung: Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyatakan bahwa pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan serta jembatan di Provinsi Lampung membutuhkan dana sekitar Rp4 triliun per tahun. Kendati demikian, pembangunan tersebut perlu segera dilakukan.

"Saya akui pembangunan maupun perbaikan infrastruktur di Lampung belum berhasil mengingat dana untuk alokasi sektor itu hanya Rp1 triliun untuk tahun ini," ungkap Ridho, di Bandar Lampung, Kamis (4/6/2015).

Ia menceritakan, kondisi infrastruktur jalan maupun jembatan di Lampung cukup parah. Kini, provinsi yang dipimpin Ridho memasuki fase darurat infrastruktur karena kerusakan parah sejumlah ruas jalan akibat beban kendaraan yang melintasi jalan tersebut melebihi kapasitas. 

"Sedikitnya terdapat 10 ruas jalan provinsi yang kondisi rusak parah, termasuk pula infrastruktur jembatan," kata dia.

Ia menambahkan, kerusakan jalan itu juga akibat pengalihan kendaraan, terutama truk, akibat kerusakan jembatan di Kabupaten Lampung Tengah. Pengalihan jalan provinsi yang dilintasi kendaraan truk melebihi kapasitas ini mengakibatkan kondisinya semakin rusak parah.

Selain itu, perbaikan jalan nasional yang menggunakan dana APBN juga terhambat akibat perubahan nomenklatur kementerian, seperti Kementerian Pekerjaan Umum menjadi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Namun demikian, Pemprov Lampung akan terus berupaya melakukan perbaikan infrastruktur jalan maupun jembatan dengan melakukan koordinasi vertikal baik dengan pemerintah kabupaten/kota maupun pemerintah pusat. "Progres kita saat ini, yakni memperbaiki kondisi jalan yang rusak parah di sejumlah titik, termasuk perbaikan jembatan," pungkasnya.



(ABD)

Hatta Ali Merasa Difitnah

Hatta Ali Merasa Difitnah

1 hour Ago

Menurut Hatta, dirinya datang ke Surabaya karena diminta menjadi dosen penguji dalam ujian terb…

BERITA LAINNYA