Pilkada Serentak

Sudah Banyak Calon Kepala Daerah yang Ngelamar ke Demokrat

K. Yudha Wirakusuma    •    Kamis, 04 Jun 2015 11:45 WIB
pilkada serentak
Sudah Banyak Calon Kepala Daerah yang <i>Ngelamar</i> ke Demokrat
Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul--Metrotvnews.com/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Hingga saat ini sudah banyak calon kepala daerah yang melamar untuk diusung oleh Partai Demokrat. Namun belum ada nama yang akan diusung oleh partai berlambang bintang mercy ini.

"Kami terima kasih di bawah Pak SBY, sudah ada calon yang melamar untuk ikut pilkada. Kami semua berterima kasi atas kepercayaannya kepada partai kami," kata politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Kamis (4/6/2015).

Ruhut mengatakan Partai Demokrat tak mau terburu-buru untuk menentukan nama calon kepala daerah. Saat ini semua nama tengah dikumpulkan, selanjutnya akan ada polling yang nantinya akan menentukan siapa yang akan diusung. "Jadi semua lagi inventaris. Kami akan melalui polling, jadi nanti siapa yang poling tertinggi akan dipilih, kita akan dukung. Kita enggak mau buang garam ke laut," imbuhnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi meluncurkan pilkada serentak 2015. Sebagai tahapan awal, sebanyak sembilan provinsi, 36 kota dan 224 kabupaten akan ikut pilkada serentak gelombang pertama.

Pilkada gelombang pertama akan diikuti kepala daerah yang telah habis masa jabatannya pada 2015. Sementara pada pilkada gelombang dua akan diikuti kepala daerah dengan akhir masa jabatan 2016 pada semester pertama.

Untuk kepala daerah yang akhir masa jabatannya pada 2018 dan 2019 akan diikutsertakan pada pilkada serentak gelombang ketiga.

Pelaksanaan pilkada serentak sesuai UU Nomor 1 Tahun 2015 sebagaimana diubah ke dalam UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Wali Kota serta Wakil Wali Kota secara serentak.


(YDH)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

4 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA