Buruh Tuntut Jaminan Pensiunan 60% Gaji

Intan fauzi    •    Kamis, 04 Jun 2015 12:47 WIB
demo massa
Buruh Tuntut Jaminan Pensiunan 60% Gaji
Buruh yang tergabung dalam FSPMI dan KSPI. (Foto:MTVN/Intan Fauzi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi unjuk rasa di Kantor BPJS Ketenagakerjaan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Mereka menuntut besaran Jaminan pensiun 60 persen dari gaji.
 
"Kami memperjuangkan pemberlakuan Jaminan Pensiun pada 1 Juli 2015 dengan manfaat yang diterima minimal 60 persen dari gaji terakhir," kata Presiden KSPI, Said Iqbal, dalam pernyataan tertulis, Kamis (4/6/2015).
 
Sejauh ini buruh memperkirakan hanya mendapat manfaat jaminan pensiun 25 persen. "Paling kita dapat 25 persen dari gaji terakhir. Dengan upah Rp 3 juta, apakah 25 persen cukup untuk biaya hidup? Hargai keringat kami yang mengalir untuk membangun gedung ini," kata perwakilan FSPMI Subang, Ade, saat berorasi.
 
Selain itu, buruh menolak usulan Apindo terkait iuran Jaminan Pensiun 1,5 persen. Mereka menuntut iuran 15-18 persen. "Tuntutan kita 15-18%. Apindo hanya mengusulkan 1,5%," imbuh Ade.
 
Buruh yang tergabung dalam FSPMI dan KSPI kota Subang, Purwakarta, dan Tangerang itu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan pukul 11.18 WIB menggunakan pakaian hitam dilengkapi ikat kepala merah.


(FZN)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

6 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA