Kejari Duga Pegawai BSM Terlibat Kasus Penyimpangan Dana Kredit

Edwan Hadnansyah    •    Kamis, 04 Jun 2015 13:06 WIB
perbankan
Kejari Duga Pegawai BSM Terlibat Kasus Penyimpangan Dana Kredit
Logo Bank Syariah Mandiri, Ant

Metrotvnews.com, Cimahi: Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi, Jawa Barat, menyita sejumlah yang terkait dugaan penyimpangan dana kredit usaha rakyat (KUR) Bank Syariah Mandiri (BSM). Sementara sejumlah saksi masih diperiksa penyidik Kejari hingga Kamis 4 Juni 2015.

Kemarin siang, penyidik mendatang Kantor Bank Syariah Mandiri di Jalan Amir Mahmud Cimahi. Penyidik menyita uang Rp2,1 miliar terkait kasus dugaan penyimpangan dana KUR yang terjadi pada 2011 dan 2012.   

Penyitaan dilakukan terkait dengan tersangka Thomas Lie, Direktur PT My Salon International, selaku penerima tunggal dana tersebut. Diduga, kasus tersebut melibatkan pegawai bank.

"Kejari masih menyelidiki dan memeriksa saksi. Diduga ada tersangka baru yang merupakan oknum pegawai bank," kata Kasi Pidsus Kejari Cimahi, Sulta D Sitohang.

Kasus bermula dari laporan masyarakat soal program penyaluran KUR dari BSM. Mestinya, dana itu disalurkan ke belasan kreditor yang merupakan pengusaha franchise di wilayah Cimahi. Namun, uang itu malah disalurkan ke warga luar Cimahi.

Sementara itu, pihak BSM mengatakan akan kooperatif mengungkap kasus yang merugikan negara hingga Rp11,5 miliar itu.
 


(RRN)