Korsel Sepakat Bantu Korut Waspadai MERS

Willy Haryono    •    Kamis, 04 Jun 2015 13:22 WIB
virus mers
Korsel Sepakat Bantu Korut Waspadai MERS
Kawasan industri gabungan Korsel-Korut, Kaesong, terlihat di kejauhan. AFP / KIM DOO-HO

Metrotvnews.com, Seoul: Korea Selatan menyetujui permohonan Korea Utara untuk memasang kamera pemantau panas tubuh di kawasan industri gabungan Kaesong, Kamis (4/6/2015). 

Pemasangan kamera panas tubuh bertujuan mencegah penyebaran virus Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) dari Korsel ke Korut. Kaesong terletak 10 kilometer dari perbatasan Korut. 

"Sesuai permohonan Korut, kami akan memasang sejumlah kamera panas tubuh di Kaeson," tutur perwakilan Kementerian Unifikasi Korsel kepada AFP

Saat ini Korsel berusaha mengatasi wabah MERS, yang disebut sebagai yang terburuk di luar Arab Saudi. 

Sedikitnya 35 orang di Korsel telah terjangkit MERS, dan dua pasien sudah meninggal dunia. Kondisi ini memicu kepanikan di tengah masyarakat Negeri Gingseng. 

Lebih dari 700 sekolah di Korea Selatan, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, menutup sementara aktivitas mereka karena khawatir terkena MERS. 

Kasus pertama MERS di Negeri Gingseng terjadi pada 20 Mei, ketika pria 68 tahun terdiagnosis terjangkit MERS setelah pulang dari Arab Saudi. 

Sejak saat itu, lebih dari 1300 orang diduga tertular virus secara langsung maupun tidak langsung. Sebagian dari mereka dikarantina, sebagian lainnya diawasi ketat.



(WIL)