PKB Balik Badan Menyerang Ahok

Misbahol Munir    •    Kamis, 04 Jun 2015 13:25 WIB
ahok-dprd
PKB Balik Badan Menyerang Ahok
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews, Jakarta: Manyoritas anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD DKI mendukung hak menyatakan pendapat (HMP) terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama. Padahal, mulanya Fraksi PKB menolak HMP.

Sekretaris Fraksi PKB DPRD DKI, Mualif ZA, mengatakan, alasan mendukung HMP karena pihaknya diberikan kebebasan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.

"Kita dikasih otonomi oleh DPP dalam menentukan sikap apakah dukung hak angket atau HMP. Sehingga anggota pun diberikan kebebasan untuk ikut atau enggak," tegas Mualif saat berbincang dengan Metrotvnews.com via telepon, Kamis (4/6/2015).

Namun, dia tak menjelaskan secara rinci kenapa akhirnya berubah haluan mendukung HMP terhadap Ahok.

"PKB memberikan keleluasaan kepada kami dan ini merupakan kedewasaan dalam berpartai. Sebab HMP itu kan hak kami sebagai anggota legislatif," tegas dia. 

Mualif mengakui, fraksinya belum memutuskan secara resmi apakah mendukung hak angket atau HMP. "Kami masih punya pandang berbeda. Soal sikap ketua fraksi kita tidak bisa menduga-duga," imbuhnya.

Selain dirinya, ada tiga anggota Fraksi PKB DPRD yang ikut mendukung HMP."Saya sendiri, Ahmad Ruslan, Sudirman, dan Abdul Aziz," pungkasnya.


(MBM)