Warga Hong Kong Bersiap Peringati Tragedi Tiananmen

Willy Haryono    •    Kamis, 04 Jun 2015 15:11 WIB
tragedi lapangan tiananmen
Warga Hong Kong Bersiap Peringati Tragedi Tiananmen
Bendera Tiongkok berkibar di Lapangan Tiananmen, Beijing, pada 3 Juni 2015, satu hari menjelang peringatan tragedi 1989 yang menewaskan ratusan pendemo pro demokrasi. AFP / FRED DUFOUR

Metrotvnews.com, Hong Kong: Puluhan ribu warga Hong Kong akan bergabung dalam peringatan tragedi kerusuhan Lapangan Tiananmen Tiongkok yang terjadi pada 1989. 

Ketika itu, pemerintah Tiongkok secara brutal mengakhiri unjuk rasa pro demokrasi yang berlangsung di Lapangan Tiananmen. Menggunakan tank baja, Partai Komunis Tiongkok menewaskan ratusan, bahkan ribuan orang, di jantung kota Beijing. 

"Ini adalah kelanjutan perjuangan untuk keadilan," ujar Richard Tsoi dari Gerakan Patriot Demokratik Tiongkok, grup yang mengkoordinasi peringatan Tiananmen. 

"Sangatlah penting bagi warga Hong Kong untuk tidak melupakan (tragedi Tiananmen) ini," sambung dia, seperti dilansir AFP

Peringatan tragedi Tiananmen ke-25 pada tahun lalu memecahkan rekor 180 ribu pendemo. Tsoi berharap peringatan Tiananmen pada tahun ini berlangsung damai, kendati hubungan Hong Kong dengan pemerintah Tiongkok sempat menegang dua pekan lalu.

Tahun lalu, unjuk rasa pro demokrasi selama lebih kurang tiga bulan sempat membuat sebagian kota Hong Kong lumpuh.

(WIL)

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

7 minutes Ago

Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang S…

BERITA LAINNYA