Curhat Jumlah Anggota Komisi VII, Rudi Tambah Lagi Uang Buat Sutan

Renatha Swasty    •    Kamis, 04 Jun 2015 15:22 WIB
sutan bhatoegana
Curhat Jumlah Anggota Komisi VII, Rudi Tambah Lagi Uang Buat Sutan
Rudi Rubiandini. Foto: Immanuel Antonius/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Sutan Bhatoegana, sebagai Ketua Komisi VII DPR, pernah curhat banyaknya anggota komisi pada Rudi Rubiandini, kala itu menjabat Kepala SKK Migas. Curhat itu jadi semacam tanda agar Rudi menambah uang THR untuk Komisi VII.

Rudi bercerita usai pemberian duit THR sebesar USD200 ribu melalui Tri Yulianto, Sutan mendatanginya ke rumah dinas. Saat pertemuan itu, Sutan curhat terkait banyaknya jumlah anggota komisi VII.

"(Saat bertemu) Saya pertama mengatakan Pak Sutan apakah sudah diterima, dia bilang sudah. Kemudian dia katakan kami ber-54 sudah begitu saja," kata Rudi saat bersaksi buat terdakwa Sutan Bhatoegana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Rudi melanjutkan, karena ia pejabat baru di SKK Migas, dan belum pernah berhubungan sebelumnya dengan Komisi VII DPR, ia belum tahu terkait pemberian buat komisi. Ia pun lantas berpikir uang sejumlah USD200 ribu yang diberikan kurang.

"Karena saya sebetulnya tidak pernah tahu apa-apa tentang cerita bagaimana untuk melayani teman-teman DPR. Sehingga saya waktu itu hanya memberikan USD200 ribu. Oleh karena pemikiran itu, berarti kurang. Kejadianlah seperti tanggal 13 Agustus (2013)," ungkap Rudi.

Terkait pertemuan itu, Rudi berniat memberikan uang tambahan pada Sutan sejumlah USD340 ribu. Uang sudah disiapkan oleh pelatih golfnya Deviardi.

"Rencananya begitu (diberikan pada anggota DPR Komisi VII)," ujar Rudi. Namun, sebelum uang diberikan buat anggota DPR, Rudi dan Deviardi lebih dulu ditangkap penyidik KPK pada 13 Agustus 2013.


(KRI)