Persaingan Ketat, Ketum Kadin Harus Tanggap!

Husen Miftahudin    •    Kamis, 04 Jun 2015 15:24 WIB
kadin
Persaingan Ketat, Ketum Kadin Harus Tanggap!
Ketua Kadin Suryo Bambang Sulistio (tengah) -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Jabatan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang kini disandang Suryo Bambang Sulisto (SBS) dalam beberapa bulan mendatang akan habis masa berlakunya. Terlihat, hingga saat ini terdapat dua nama yang maju mencalonkan diri sebagai Ketum Kadin Indonesia, yakni Maxi Gunawan dan Rosan Roeslani.

Suryo berharap, Ketum Kadin Indonesia yang baru nantinya harus terus bersinergi dengan pemerintah dalam membantu menciptakan iklim usaha yang baik. Apalagi dalam waktu dekat, Indonesia bersama-sama dengan negara ASEAN lainnya akan menerapkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di mana peran industri dalam negeri menjadi garda terdepan dalam perdagangan bebas tersebut.

"Jadi Kadin ini harus tanggap, harus bersama-sama dengan pemerintah. Ini karena persaingan dengan dunia luar semakin ketat. Jadi Kadin harus melanjutkan apa yang sudah ada," ungkap Suryo, di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (4/6/2015).

MEA ini, lanjut dia, tak akan bisa dihindari meski persiapan industri dalam negeri masih belum maksimal. Namun bersama-sama dengan pemerintah, ia meyakini Ketum Kadin yang baru nanti dapat membawa industri lokal menjadi pemain kunci di MEA itu sendiri.

Namun sebelum itu, ia meminta Ketum Kadin yang baru nanti dapat mendorong pemerintah untuk membangun infrastruktur dalam negeri. Hal ini agar dapat menarik investor luar negeri untuk mengembangkan industri lokal sehingga mampu menjadi garda terdepan dalam menembus pasar di negara-negara ASEAN lainnya.

"Kita tuntutannya hanya kerja sama, saling mendukung dan membantu. Apa yang dikerjakan pemerintah, Kadin mendukung. Saling sinergi terutama masalah infrastruktur, sebaiknya pemerintah yang nanti ikut investasi di situ agar dapat menarik investor," pungkas Suryo.


(AHL)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

14 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA