Jenguk SDA, Petinggi KMP Ngaku Tak Bicara soal Politik

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 04 Jun 2015 15:47 WIB
koalisi merah putih
Jenguk SDA, Petinggi KMP <i>Ngaku</i> Tak Bicara soal Politik
Petinggi KMP--Antara/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Presidium Koalisi Merah Putih (KMP) Aburizal Bakrie (Ical) mengaku tak ada pembicaraan politik saat menjenguk mantan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali (SDA) di Rutan Guntur. Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Bali ini datang bersama sejumlah petinggi KMP lainnya, seperti Prabowo Subianto dan Amien Rais.

"Enggak, enggak bicara politik," kata Ical di Rutan Guntur, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (4/6/2015).

Ical bersama petinggi KMP lainnya hanya membahas ada perlakuan yang tidak menyenangkan dilakukan petugas rutan kepada SDA. Sebab, petugas rutan secara sewenang-wenang membubarkan kegiatan mengaji, yang dilakukan SDA bersama beberapa orang lainnya di dalam rutan.

"Kemarin lagi mengaji baca Yasin tahu-tahu dibubarkan. Tadi dikasih tahu begitu. Banyak yang lapor, yang lapor pun bukan orang Suryadharma Ali. Justru dari orang-orang Kristen yang bukan beragama Islam merasa terenyuh lagi baca yasin," beber dia.

Senada Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amin Rais pun mengaku tidak ada pembicaraan politik. "Enggak ada," ucapnya singkat.

SDA merupakan mantan Ketua Umum PPP yang juga salah satu Presidium KMP. SDA ditahan KPK atas dugaan korupsi dana haji tahun 2010-2013. Bekas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu diduga merugikan keuangan negara sekitar Rp 1,8 triliun.

SDA dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHPidana juncto pasal 65 KUHP.


(YDH)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

9 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA