Gus Ipul Mengaku tak Dapat Laporan Pemakaian Ijazah Palsu

Nurul Hidayat    •    Kamis, 04 Jun 2015 15:56 WIB
pendidikanpemalsuan ijazah
Gus Ipul Mengaku tak Dapat Laporan Pemakaian Ijazah Palsu
Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Metrotvnews.com/ Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mengaku tak mendapat laporan soal pemakaian ijazah palsu di provinsi tersebut. Bila ada, Gus Ipul, demikian ia biasa disapa, pelaku pemalsuan dokumen itu harus mendapat sanksi tegas.

"Kita akan berupaya agar tidak kecolongan," ujar Gus Ipul di sela-sela kegiatan apel guru se-Jatim di alun-alun Jombang, Kamis (4/6/2015).

Ia berharap kasus pemalsuan itu mendorong kampus tak sekadar menerbitkan ijazah. Tapi, kampus harus aktif memproduksi sumber daya manusia yang berkualitas.

"Dengan kasus ini harus ada sistem perbaikan dalam sistem pendidikan. Ijazah tidak hanya formalitas dan pemegangnya harus punya kemampuan sesuai dengan ijasahnya," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir mengungkap dugaan pemalsuan ijazah di Universitas Darul Ulum Jombang. Ternyata, kampus tersebut sudah nonaktif.

Pengungkapan dugaan itu muncul setelah wisuda 500 mahasiswa Universitas Darul Ulum. Nasir mengaku tak tahu soal agenda itu. Nasir menegaskan, bila perguruan tinggi sehat, agenda itu harus dilaporkan ke kopertis.

"Kami tidak mendapatkan laporan itu. Bahkan kami tidak tahu ada nggak kopertis di situ," kata Nasir beberapa waktu lalu.


(RRN)

KPK Terima Surat Pemeriksaan Etik Fredrich dari Peradi

KPK Terima Surat Pemeriksaan Etik Fredrich dari Peradi

3 hours Ago

Peradi mengajukan surat pemeriksaan etik terhadap Fredrich ke KPK.

BERITA LAINNYA