BKPM Ajak Jepang Tingkatkan Investasi di Indonesia

   •    Kamis, 04 Jun 2015 16:05 WIB
investasi
BKPM Ajak Jepang Tingkatkan Investasi di Indonesia
Kepala BKPM Franky Sibarani (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani melakukan kunjungan kerja ke tiga kota di Jepang, yakni Osaka, Nagoya, dan Tokyo. Tujuan dari kunjungan kerja ini adalah untuk meningkatkan investasi asal Jepang ke Indonesia, mengingat minat investasi Jepang di Indonesia masih tinggi.

Kunjungan BKPM yang bekerja sama dengan Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ (BTMJ) pada 25-29 Mei 2015 ini menghasilkan beberapa minat investasi baru di beberapa sektor dengan nilai rencana investasi sebesar USD1,98 miliar.

Selain itu, terdapat pula komitmen beberapa perusahaan untuk merealisasikan proyek-proyek yang sudah mendapatkan izin dari BKPM dengan nilai sebesar USD1,4 miliar, dengan sektor-sektor peminatan yaitu industri besi baja, kimia, moulding, LNG receiving terminal, consumer goods, apartemen, kawasan industri, peternakan sapi, automotif, perikanan, gula, methanol, dan bubur kertas.

Franky menjelaskan, minat investasi Jepang di Indonesia masih tinggi. Hal ini terbukti dengan realiasi investasi Jepang periode 2010 sampai dengan Maret 2015 mencapai USD13,3 miliar atau 64,5 persen dari rencana investasi terhitung sejak 2010 sampai dengan Maret 2015.

"Dengan nilai tersebut, Jepang merupakan salah satu negara asal PMA terbesar yang berinvestasi di Indonesia. Realisasi investasi Jepang selama Januari-Maret 2015 sebesar USD1,2 miliar, terbesar setelah Singapura," ungkap Franky.

Sektor-sektor yang diminati perusahaan asal Jepang mulai dari industri alat angkutan dan transportasi lainnya, industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik, sektor listrik, gas dan air, industri kertas, barang dari kertas dan percetakan, industri karet, barang dari karet dan plastik, kimia dasar, barang kimia dan farmasi, sampai dengan industri makanan. (Gervin Nathaniel Purba/MTVN)



(ABD)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

3 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA