Total Aset BPJS Capai Rp203 Triliun

Desi Angriani    •    Kamis, 04 Jun 2015 17:23 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Total Aset BPJS Capai Rp203 Triliun
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan membukukan total aset sebesar Rp203 triliun. Aset tersebut tersebar di saham obligasi di deposito penyertaan.

"Hanya lima instrumen itu. Angka Rp203 triliun itu adalah total aset yang dimiliki oleh BPJS termasuk Dana Jaminan Simpanan (DJS)," ungkap Direktur Utama (Dirut) BPJS Ketenagakerjaan, Evelyn G Massaya, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Total aset tersebut terbesar ditaruh di obligasi sebesar 44 persen, deposito sebesar 24 persen, saham sebesar 22 persen. Sementara reksa dana enam persen serta sisanya di penyertaan dan properti.

"Ada batasan. Kita masih mengacu pada PP Nomor 99 yang sekarang tengah dalam proses revisi. Nanti 1 Juli 2015. Kita akan menggunakan aturan pemerintah yang baru, untuk operasional BPJS. Untuk penyertaan akan ada ke infrastruktur," jelas dia.

Evelyn membeberkan, jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah mencapai 17 juta di mana saat ini perseroan telah membuka 150 kantor cabang baru yang diresmikan pada pekan kedua Juni ini.

"Itu preparation kita dari sisi institusi untuk beroperasi penuh di 1 Juli," tambah dia.


(AHL)