Bahaya Memakai Sepatu Hak Tinggi Lebih dari 3 Tahun

   •    Kamis, 04 Jun 2015 17:42 WIB
gaya
Bahaya Memakai Sepatu Hak Tinggi Lebih dari 3 Tahun
High heel bisa berisiko cedera pergelangan kaki. (Foto:Huffingtonpost.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi beberapa wanita, memakai sepatu hak tinggi alias high heels merupakan kebiasaan yang sulit dihilangkan dalam kegiatan sehari-hari. Alasannya, banyak wanita mengaku bahwa memakai high heels dapat membuat mereka terlihat modis dan lebih menarik.

Ya, para ahli memang mengatakan bahwa memakai high heels memiliki manfaat, yakni memperkuat otot sekitar pergelangan kaki. Namun, memakai sepatu hak tinggi lebih dari 3 tahun rupanya bisa merugikan bagi kesehatan yakni berisiko keseleo otot, seperti yang dialami seorang wanita bernama Samantha Cameron.

Wanita ini mengaku, akibat terlalu sering memakai high heels kakinya menjadi kaku. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa memakai sepatu hak tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan yang berpotensi berbahaya pada kaki.

Para ilmuwan pun melakukan penelitian dari efek alas kaki pada sepatu hak tinggi yang sering dipakai wanita untuk bekerja. Hasilnya, meskipun awalnya high heels dapat memperkuat otot-otot penting di sekitar pergelangan kaki, namun setelah tiga tahun, sepatu tersebut dapat menyebabkan beberapa otot menjadi kaku yang dapat meningkatkan risiko keseleo.

Dr Yong-Seok Jee dari Hanseo University di Korea Selatan mengatakan, banyak model sepatu hak tinggi sebenarnya diperuntukkan bagi profesi tertentu, namun banyak wanita yan mungkin tidak menyadari bahwa sepatu hak tinggi dapat melemahkan keseimbangan.

"Akhirnya, kecelakaan besar seperti jatuh dan keseleo dapat terjadi dan menakibatkan masalah yang cukup serius," tambahnya seperti dilansir Daily Mail.

Tim Dr Jee juga melakukan penelitian yaitu dengan mempelajari 40 wanita profesional yang memakai high heels setinggi 10 cm atau lebih setidaknya tiga kali seminggu. Mereka secara teratur mengukur kekuatan pergelangan kaki para wanita tersebut. Hasilnya, mereka menemukan bahwa dua dari empat otot utama mulai menjadi kaku setelah lebih dari tiga tahun memakai high heels.

"Hasil ini menunjukkan bahwa memakai sepatu hak tinggi dapat memperkuat otot-otot pergelangan kaki pada awalnya, tetapi penggunaan jangka panjang (lebih dari tiga tahun) akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan otot, yang mengarah ke cedera pergelangan kaki," kata peneliti.

Dr Yongseok merekomendasikan untuk melatih pergelangan kaki agar terhindar dari risiko cedera seperti berjalan dengan sengaja menekan tumit kaki dan jari kaki atau duduk di kursi dengan kaki tanpa alas di tanah dan hanya mengangkat bagian depan kaki dengan menjaga tumit tetap di tempat.

Pastikan Anda memiliki beberapa jenis sepatu dan kenakan high heels hanya pada acara tertentu saja. Anda bisa menggantinya dengan flat shoes atau sandal supaya lebih rileks. Selain itu, pilih high heels yang tidak terlalu tinggi agar lebih aman dan nyaman di kaki. (Ningtriasih/Sumarni)


(LOV)

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

10 hours Ago

Penyitaan akan dilakukan jika mantan Ketua DPR RI itu tidak dapat mengembalikan uang ganti rugi…

BERITA LAINNYA