DPR Minta Saran Sultan HB X Terkait RUU Kebudayaan

Patricia Vicka    •    Kamis, 04 Jun 2015 18:26 WIB
dpr
DPR Minta Saran Sultan HB X Terkait RUU Kebudayaan
Foto: 12 anggota Komisi X DPR RI mengunjungi Sultan HB X/MTVN_Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Anggota Komisi X DPR RI menyambangi kantor Gubernur Yogyakarta di Jalan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (4/6/2015).Kedatangan 12 Anggota DPR ini guna meminta saran kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X terkait rancangan Undang-undang Kebudayaan.

"Kunker (kunjungan kerja) kami kali ini terkait kebudayaan. Saat ini kami sedang mempersiapkan rancangan Undang-undang Kebudayaan. Maka kami datang ke sini untuk mendapatkan masukan dari Sultan agar Undang-undang Kebudayaan yang dibuat nanti tak keluar dari identitas bangsa Indonesia," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ridwan Hisyam di kompleks Kepatihan Yogyakarta.

Ridwan mengatakan dipilih sebagai tempat kunjungan kerja karena Yogyakarta adalah salah satu kota pusat budaya. "Yogyakarta ini adalah salah satu daerah Indonesia yang memiliki ciri khas kebudayaan Indonesia. Kami juga melihat Yogyakarta adalah kota yang berbasis kebudayaan," imbuh dia.

Selama ini, lanjutnya kebudayaan belum memiliki payung hukum. Inilah yang saat ini sedang digodok oleh komisi X. "Indonesia agak aneh, induk UU kebudayaan belum ada, tapi uu cabangnya sepeti UU perfilman, UU cagar budaya dan UU bahasa sudah ada. Maka tim kami sedang menyelesaikan UU induknya yakni UU Kebudayaan. Kami targetkan selama masa jabatan sekarang selesai," ujarnya.

Kedua belas anggota DPR ini berdiskusi dengan Gubernur Yogyakarta selama sekitar 2 jam. Usai berdiskusi, Ridwan mengatakan pihaknya telah mendapatkan saran baik dari raja Yogyakarta.

"Pak Gubernur Yogyakarta bilang kami harus mengubah mindset dari negara agraris menjadi negara Maritim. Ini memerlukan usaha dan menjadi tantangan bagi kami," pungkasnya.

Sri Sultan HB juga bersedia bekerjasama membantu pembuatan UU Kebudayaan. Selain wakil ketua, Anggota Komisi X yang mengikuti pertemuan ini antara lain Vena Melinda dan Yayuk Basuki.


(TTD)