BKPM Bidik 3 Negara 'Rambah' Indonesia

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 04 Jun 2015 18:29 WIB
bkpm
BKPM Bidik 3 Negara 'Rambah' Indonesia
Ilustrasi -- FOTO: REUTERS/FABIAN BIMMER

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) membidik beberapa perusahaan yang berpotensi untuk berinvestasi di Indonesia.

Rencananya selain Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan (Korsel) yang sudah terbiasa dan mengetahui cara berinvestasi di Indonesia, BKPM akan merambah ke beberapa negara Asia lain seperti Tiongkok, Singapura, dan Thailand.

"Selain itu (Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan) ada Tiongkok, Singapura, dan Thailand," kata Kepala BKPM Franky Sibarani saat ditemui usai konferensi pers di Gedung BKPM, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Adapun untuk strategi yang digunakan, Franky menjelaskan tidak akan menggunakan strategi yang sama seperti yang dilakukan dengan Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

"Kita akan melakukan materi investasi untuk beberapa negara. Khususnya yang ada di asia dengan cara berbeda. Kalau di Jepang dan Korea mereka sudah tau bagaimana berinvestasi di Indonesia sehingga kita langsung ke headquarter-nya. Kalau dikelompok lain kita masuk ke dalam bisnis forum," jelas dia.

Seperti Tiongkok dan Thailand, Franky mengungkapkan akan Indonesia akan lebih aktif dengan cara sering mengadakan pertemuan-pertemuan dengan negara-negara tersebut.

"Kalau Tiongkok dan Thailand itu belum banyak yang berinvestasi ke Indonesia. Kita akan lebih aktif. Kita akan adakan pertemuan," ungkap dia.

Lebih lanjut, karena Tiongkok merupakan negara yang besar, maka pada September nanti pihaknya akan mengunjungi provinsi di negara tersebut satu per satu.

"Kalau Tiongkok karena begitu luasnya bisa satu provinsi, satu provinsi. Kita baru satu kali ke Tiongkok. Mungkin nanti kita akan ke sana lagi. September nanti," tutup dia.


(AHL)