Pemerintah Daerah Harus Aktif Tertibkan Warganya yang Mengemis

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 04 Jun 2015 19:04 WIB
mensos blusukan
Pemerintah Daerah Harus Aktif Tertibkan Warganya yang Mengemis
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa--Metrotvnews.com/LB Ciputri Hutabarat

Metrotvnews.com, Jakarta: Jelang bulan suci Ramadan keberadaan gelandangan dan pengemis di Ibu Kota bukan lagi hal aneh. Mereka berdatangan dari berbagai penjuru daerah untuk mengais rezeki dengan mengemis di Jakarta.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihaknya akan menertibkan mereka dengan mendata kembali para pengemis atau gelandangan yang ada di Jakarta.

"Kalau gelandangan, pengemis saya rasa kita memang perlu format yang lebih konperhensif dengan melakukan identifikasi pendataan mereka," kata Khofifah di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (4/6/2015).

Kemensos, kata dia, akan mencari tahu asal usul para pengemis agar dapat lebih mudah mengembalikan ke daerah asalnya dan menyatukannya kembali kepada keluarganya. "Mereka kita tanyalah mereka dari provinsi mana, dari kabupaten mana," ujar dia.

Sebab, lanjut dia, para pengemis atau gelandangan ini harus dikembalikan kepada keluarga masing-masing. Namun, selayaknya pemerintah daerah harus aktif menertibkan warganya yang memang menjadi pengemis atau gelandangan.

"Kabupaten di mana mereka berasal seharusnya lebih proaktif mengambil mereka untuk dikembalikan kepada keluarga masing-masing. Tetap kepada keluarga," kata dia.


(YDH)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

9 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA