JK: Kenaikan Tunjangan Polri Sudah Diputuskan

Dheri Agriesta    •    Kamis, 04 Jun 2015 19:05 WIB
polri
JK: Kenaikan Tunjangan Polri Sudah Diputuskan
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut kenaikan tunjangan untuk polisi sudah dilakukan dan angkanya sama dengan TNI. Namun, ia enggan menyebut kapan tunjangan itu mulai cair.
 
"Polri dan TNI insentif sama, kenaikannya sudah diputuskan. Pokoknya sama, saya lupa angkanya," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2015).
 
JK tak ingin memberi tahu kapan kenaikan tunjangan akan diberlakukan. Namun dipastikan dilakukan secepatnya.
 
Saat ditanya mengenai kinerja Polri yang banyak dipertanyakan orang, JK menyebut tak ada hubungan dengan tunjangan. Tunjangan untuk kesejahteraan anggota, sedangkan kinerja yang berkaitan dengan sistem harus selalu diperbaiki.
 
"Anggota ini tinggal menunggu perintah, seperti polisi lalu lintas, polisi daerah yang kerja siang malam menjalankan tugas sebaik-baiknya. Mereka wajib diberikan insentif," kata JK.
 
Ia mengungkapkan, tunjangan itu telah dianggarkan pemerintah sejak tahun lalu. Kenaikan tunjangan tak banyak, karena sifatnya hanya tunjangan. "Kita bicara tunjangan bukan gaji," kata pria asal Makassar, itu.
 
Sebelumnya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyebut tunjangan kerja polisi saat ini hanya 36 persen. Permintaan kenaikan tunjangan polisi mengacu kepada tunjangan TNI yang dinaikkan menjadi 54 hingga 60 persen.
 
"TNI tunjangan kinerjanya dinaikkan 54-60 persen. Kami juga mengajukan hal yang sama," kata Badrodin di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2015).
 
 


(FZN)