Jokowi-JK Tak Kompak, Salim Said Usulkan Tunjuk Jubir Kepresidenan

Desi Angriani    •    Kamis, 04 Jun 2015 19:07 WIB
jokowi-jk
Jokowi-JK Tak Kompak, Salim Said Usulkan Tunjuk Jubir Kepresidenan
Jokowi-JK--Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) membenarkan kabar kurang kompaknya dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Demikian dikatakan Pengamat Militer Salim Said saat dijamu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

"Ah endak ada apa-apa. Biasa itu. Nanti setelah keputusan diambil, dan siapa yang mengambil keputusan ya Presiden. Maka semuanya berjalan lancar," ujar Salim menirukan perkataan Jokowi di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Sebab itu, ia mengusulkan agar Jokowi membentuk juru bicara (jubir) kepresidenan bukan jubir presiden. Jubir kepresidenan akan membantu mengakomodir komunikasi antara Presiden dan Wapres.

"Bukan juru bicara presiden ya. Kalau ada juru bicara presiden, nanti wapres bikin juru bicara wapres. Kan makin lucu. Jadi saya bilang Bapak Presiden, saya sarankan bapak mengangkat juru bicara kepresidenan," tutur dia.

Ia juga mengusulkan, agar tentara tak diperbantukan di ranah sipil. Seperti sejumlah kementerian yang gemar menggunakan tenaga TNI.

"Menterinya jangan menggoda-goda tentara untuk melakukan pekerjaannya. Di kementerian-kementerian, menjaga penjara atau airport. Kerjakan tugas kalian. Jangan ganggu tentara," katanya.

Kebiasaan memperbantukan tentara lanjut dia, akan berdampak buruk. TNI akan menyeberang ke ranah politik dan keberhasilan reformasi tentara akan sia-sia.

"Saya bilang kita sudah berhasil reformasi. Jangan tarik-tarik lagi karena implikasinya you mendidik tentara melakukan pekerjaan sipil. Itu langkah dia masuk ke politik," beber mantan Dubes RI untuk Republika Cek ini.


(MBM)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

7 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA