Tigaraksa Satria Dipinjami Rp180 Miliar untuk Bayar Utang

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 04 Jun 2015 19:17 WIB
emiten
Tigaraksa Satria Dipinjami Rp180 Miliar untuk Bayar Utang
Ilustrasi (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA) mendapatkan pinjaman dari anak usahanya, PT Blue Gas Indonesia (BGI) sebesar Rp140 miliar dengan tingkat bunga 9,5 persen per tahun.

Mengutip keterbukaan informasi perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (4/6/2015), Sekretaris Perusahaan Tigaraksa Satria Budi Purwanto mengatakan, perseroan mendapat pinjaman Rp140 miliar dengan tingkat suku bunga 9,5 persen. Tingkat bunga yang didapatkan lebih rendah dari suku bunga bank yang sebesar 9,81 persen.

"Kami juga tidak memberikan jaminan karena tidak adanya hal tersebut dari BGI," tuturnya.

Dia menguraikan, hasil pinjaman dari BGI bakal digunakan untuk melakukan pembayaran atas sebagian utang bank jangka pendek tanpa harus mengganggu modal kerja perseroan. 

Seperti diketahui, mayoritas saham Blue Gas Indonesia masih dikuasai perseroan, dengan tingkat kepemilikan sebesar 75 persen saham. 

Tigaraksa distribusi dimulai pada 1967. Pada 1987, para pemegang saham PT Tigaraksa memutuskan untuk mendirikan perusahaan terpisah yang khusus menangani bisnis penjualan dan distribusi yaitu PT Tigaraksa Satria yang kemudian di 1990 menjadi perusahaan terbuka (go public) dan mencatatkan sahamnya di bursa efek Jakarta dan Surabaya.

PT Tigaraksa Satria Tbk merupakan satu dari lima terbesar perusahaan sales & distribution di Indonesia dengan wilayah distribusi di seluruh nusantara. Untuk dapat terus tumbuh dan berkembang, operasional perusahaan telah didukung dengan system supply & demand chain yang terintegrasi dan on line dengan berorientasi pada market driven sales organization.


(ABD)