Cacing lemas di Bantul Menghilang, Gempa tak Terjadi

Patricia Vicka    •    Kamis, 04 Jun 2015 19:47 WIB
gempa bumi
Cacing lemas di Bantul Menghilang, Gempa tak Terjadi
Ilustrasi cacing lemas keluar dari dalam tanah

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Keberadaan cacing lemas yang keluar serampak di daerah Bantul, Yogyakarta, berangsur menghilang. Cacing-cacing tersebut sudah tak terlihat lagi di permukaan tanah. Isu yang menyebutkan cacing penanda gempa pun tak terbukti.

"Dari kemarin sudah tidak ada cacing keluar. Kejadian cacing keluar lemas serempak hanya satu hari, hari Selasa saja," tutur Niar, warga di Pendowoharjo, Sewon, Bantul, melalui sambungan telepon, Kamis (4/6/2015).

Ia juga tak merasakan adanya gempa pascafenomena aneh tersebut. "Tidak ada gempa sama sekali. Warga juga sudah tidak resah lagi," tuturnya.

Sebelumnya pada Selasa (2/6/2015) halaman rumahnya mendadak penuh dengan ratusan cacing tanah di pagi hari. Cacing-cacing tersebut keluar mendadak serempak dalam kondisi lemas. Sebagiannya mati tanpa sebab.

"Saya nemuin di halaman depan rumah dan di jalan sekitar rumah dikampung saya. Pagi kejadiannya. Siang sore sudah gak ada," jelas dia.

Kejadian ini pernah terjadi beberapa minggu sebelum gempa hebat melanda Bantul tahun 2006. Sehingga sempat meresahkan warga disekitar rumahnya. "Kalau saya sih positif thinking. Kejadiannya terjadi karena perubahan cuaca yang ekstrim. Minggu kemarinkan panas, tiba-tiba seninnya hujan deras. Makanya cacing pada keluar," tutupnya.

Sebelumnya, Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto juga menghimbau agar warga Bantul tak perlu cemas dengan fenomena cacing aneh ini. Fenomena ini tak ada hubungannya dengan gempa bumi.


(RRN)

Sidang Perdana Praperadilan Fredrich Yunadi Digelar 12 Februari

Sidang Perdana Praperadilan Fredrich Yunadi Digelar 12 Februari

42 minutes Ago

Pengadilan Jakarta Selatan sudah menetapkan jadwal sidang perdana praperadilan mantan kuasa huk…

BERITA LAINNYA