Sri Sultan Dikabarkan akan Kembali Sampaikan Sabdaraja

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 04 Jun 2015 19:57 WIB
keraton yogyakarta
Sri Sultan Dikabarkan akan Kembali Sampaikan Sabdaraja
Adik-adik Sri Sultan Hamengku Buwono X nyekar ke Immogiri Yogyakarta sebagai bentuk penolakan terhadap Sabdaraja, Metrotvnews.com/ Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sebuah kabar menyebutkan Sri Sultan Hamengkubuwono X akan kembali mengeluarkan Sabdaraja. Namun hingga berita ini dimuat, tak ada yang dapat mengklarifikasi kebenaran isu tersebut.

"Ada info akan mengeluarkan sabdaraja. Masih kurang dua katanya," kata adik Sultan HB X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Yudhaningrat, di Dalem Yudhanegaran Yogyakarta, Kamis (4/6/2015).

Bila itu terjadi, Yudhaningrat menduga alasan Sri Sultan tetap sama dengan dua Sabdaraja yang diterbitkan sebulan lalu. Saat itu, Sri Sultan mengaku Sabdaraja merupakan pesan dari leluhurnya.

"Nanti alasannya macam-macam lagi," kata dia.

Ia memperkirakan isi sandaraja akan menyinggung para kerabat keraton yang selama ini tidak sepakat dengan Sabdaraja sebelumnya. "Ya mungkin soal adik-adik," katanya.

Sebelumnya, Sultan HB X mengeluarkan sabdaraja dan Dhawuh Raja pada Kamis (30/4/2015) dan Selasa (5/5/2015). Kemudian, seminggu berselang, yakni Jumat (8/5/2015), Sultan menjelaskan mengenai kedua hal tersebut.

Terkait dua Sabdaraja itu, Yudhaningrat mengaku pihaknya tengah menyiapkan sikap.

"Yang maju trah HB I hingga HB IX. Nanti disampaikan langsung (ke Sultan). Sudah positif mendukung satu suara. Keturunan HB X sudah pasti tidak (mendukung Sabdaraja)," katanya.

Ia pun mengaku mendapat dukungan rakyat untuk menolak Sabdaraja. Namun ia belum memastikan akan menempuh jalur hukum atau tidak.
 


(RRN)