Rupiah Ditaksir Bisa Menguat ke Level Rp12.913/USD

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 04 Jun 2015 20:22 WIB
rupiah menguat
Rupiah Ditaksir Bisa Menguat ke Level Rp12.913/USD
Ilustrasi -- MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Riset KDB Daewoo Securities Taye Shim optimistis mata uang rupiah bisa menguat ke level Rp12.913 per USD di tahun ini. Hal itu dikarenakan pertumbuhan ekonomi akan meningkat di semester II-2015.

"Rupiah menyentuh level Rp13.281 per USD pada hari ini, pelemahan tersebut merupakan yang terparah selama 17 tahun terakhir. Pelemahan yang lebih parah terjadi pada 7 Agustus 1998," kata Taye dalam keterangan risetnya, Kamis (4/6/2015).

Dia menguraikan, pelemahan rupiah yang terjadi sampai saaat ini didorong oleh kombinasi antara pelemahan pertumbuhan ekonomi dan larinya dana asing (capital outflow) secara berkepanjangan.

"Dari hal itu mempercepat aksi jual aset Indonesia yang dilakukan oleh asing dan menyebabkan repatriasi dana. Rupiah melemah 5,9 persen secara tahunan. Hal itu merupakan yang terparah di Asia," jelasnya.

Pelemahan ekonomi di kuartal I-2015 dan tren ekonomi makro yang tidak baik pada dua bulan pertama di tahun ini, menurut Taye, hal itu menjadi hal utama kaburnya investasi asing dari Asia. Selain itu, ada peningkatan suku bunga global telah mendorong investor untuk berpikir ulang menana investasinya dalam jangka panjang di negara berkembang.

Seperti diketahui, berdasarkan data Bloomberg, setelah tadi pagi dibuka melemah di level Rp13.244 per USD, sore tadi rupiah kembali merosot ke level Rp13.280 per USD.

Sementara itu, mengutip data Yahoo Finance, nilai tukar rupiah pada sore ini ditutup di level Rp13.284 per USD. Adapun menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (JISDOR), nilai kurs rupiah berada di level Rp13.243 per USD.


(AHL)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

7 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA