Perlengkapan Berkendara

Lima Perbedaan Arai RX-7V dari Pendahulunya Arai RX-7GP

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 04 Jun 2015 19:51 WIB
perlengkapan berkendara
Lima Perbedaan Arai RX-7V dari Pendahulunya Arai RX-7GP
Arai RX-7V, produk terbaru dari Arai yang punya lebih banyak keunggulan. Bauer Media

Metrotvnews.com: Arai Helmet sebagai produsen helm ternama dunia, baru saja meresmikan kehadiran line-up terbaiknya yakni RX-7V. Dibandingkan RX-7GP yang merupakan produk sebelumnya, Arai Helmet melakukan improvisasi pada lima bagian, agar lebih nyaman, aman, aerodinamis dan unggul.

Pertama adalah dudukan visor (kaca) helm yang kini dibuat lebih rendah 24 mm dibandingkan RX-7GP. Hal ini dilakukan untuk memberikan permukaan shell (batok helm) yang lebih luas. Tujuannya agar ketika terjadi benturan, energinya lebih banyak diserap dan tak merambat ke otak pengguna.

Dengan mengubah dudukan visor helm, maka sidepod (penutup dudukan visor) memiliki dimensi lebih kecil dan berada pada posisi di luar zona kritis. Zona kritis ini sendiri diidentifikasi oleh pihak Snell Research Foundation Amerika.

Kemudian adanya pengunci visor ala helm balap Formula One, yang terletak pada sisi kiri helm. Pengunci ini terlihat besar dan kuat namun mudah dioperasikan.

Lalu sepasang diffuser pada bagian atas helm dibuat lebih panjang 20 mm dari RX-7GP. Fungsinya meningkatkan aliran udara agar lebih aerodinamis pada kecepatan tinggi. Arai Helmet menegaskan, diffuser baru meningkatkan 11 persen aliran udara dan menambah udara masuk hingga 19 persen.

Bagian keempat adalah bentuk batok helm yang benar-benar baru. Memang terlihat sama seperti versi sebelumnya dengan bentuk membulat khas cangkak telur. Tapi shell helm ini lebih ringan 30 gram.

Terakhir adalah ketebalan busa helm yang berbeda-beda untuk kenyamanan, dan akan menyesuaikan bentuk kepala penggunanya. Busa atau padding helm terbuat dari material khusus yang disebut Eco-Pure, yang anti bakteri dan anti jamur.

Arai RV7-V di Inggris sendiri akan dibanderol degan harga Rp12 jutaan untuk warna solid, sedangkan untuk grafis Rp14 jutaan. Untuk grafis Arai Helmet akan segera menyiapkan lebih banyak, untuk saat ini setidaknya mereka sudah memerkan grafis Freddie Spencer dan Maverick Vinales.


(UDA)