Harapan BKPM pada PMA Taiwan & Korsel

   •    Kamis, 04 Jun 2015 20:35 WIB
bkpm
Harapan BKPM pada PMA Taiwan & Korsel
Kepala BKPM Franky Sibarani. FOTO: MTVN/Mufti Sholih

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berharap rencana penanaman modal Taiwan dan Korea Selatan (Korsel) masing-masing berada di angka USD8,9 miliar dan USD7,5 miliar dapat segera terealisasi.

Berdasarkan data yang dimiliki BKPM, rencana investasi Penanaman Modal Asing (PMA) asal Taiwan yang izin Prinsip Penanaman Modal terbit sejak 2010-April 2015 sebesar USD2,4 miliar. Diikuti dengan Korea Selatan sebesar USD8,9 miliar. Akan tetapi proses realisasi periode 2010-Maret 2015 masing-masing baru sebesar USD1,5 miliar untuk Taiwan dan USD7,4 miliar untuk Korea Selatan.

"Yang belum terealisir dapat berjalan lancar hingga akhirnya beroperasi secara komersial," ungkap Kepala BKPM Franky Sibarani, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Menurut Franky Sibarani pemerintah telah melakukan beberapa upaya memperbaiki iklim investasi, antara lain memperbaiki perizinan dengan pembentukan PTSP-Pusat di BKPM.

Memberikan insentif tax allowance (PP nomor 18 tahun 2015) yaitu pengurangan pajak untuk bidang usaha dan lokasi tertentu serta insentif tax holiday untuk industri pionir dan upaya BKPM untuk memfasilitasi penyelesaian permasalahan yang dihadapi investor dalam merealisasikan investasinya. (Gervin Nathaniel Purba/MTVN)


(AHL)