Saksi Akui Fuad Amin Dapat Uang dari PT MKS Tiap Bulan

Renatha Swasty    •    Kamis, 04 Jun 2015 20:58 WIB
fuad amin imron
Saksi Akui Fuad Amin Dapat Uang dari PT MKS Tiap Bulan
Mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron (Foto: MI/ Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Plt Direktur PD Sumber Daya Abdul Razak mengakui, mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron mendapat uang imbalan dan kompensasi dari PT Media Karya Sentosa (PT MKS). Uang yang diberikan kemudian dipakai oleh Fuad.

Abdul bercerita, ketika diangkat menjadi Plt Direktur Sumber Daya, dia diminta oleh Fuad melalui Wakil Direktur RSUD Sugeng Tommy Firyanto membuka rekening atas nama PD Sumber Daya. Usai pembukaan rekening, tiap bulannya masuk uang dari PT MKS.

"Abis buka rekening tanggal 6 April (2010), tanggal 7 bulan Mei ada uang masuk sekitar Rp25 juta. Yang saya tahu dari PT MKS," ungkap Abdul saat bersaksi buat terdakwa Fuad Amin di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Selama 1.5 tahun menjabat, Abdul mengaku PT MKS tiap bulan mengirim uang. Adapun jumlah yang dikirimkan bervariasi.

Abdul juga mengetahui dari Tommy, bahwa uang yang diberikan dari PT MKS adalah untuk Fuad Amin. Bukannya untuk PD Sumber Daya.

Tak hanya menerima uang tiap bulan, Fuad juga kerap meminta uang dikeluarkan untuk kepentingan pribadi.

"Atas perintah pak Fuad melalui pak Tommy suruh keluarkan uang," pungkas dia.

Diketahui, dalam dakwaan Fuad Amin selaku Bupati Bangkalan, sejak tahun 2009 sampai 2014 menerima duit dari Direktur PT MKS Antonius Bambang Djatmiko yang seluruhnya berjumlah Rp18,05 miliar.

Dengan uang tersebut Fuad Amin diharapkan dapat mengarahkan tercapainya perjanjian konsorsium dan perjanjian kerja sama antara PT MKS dan PD Sumber Daya serta memberikan dukungan kepada PT MKS untuk Kodeco Energy terkait permintaan penyaluran gas alam ke Gili Timur.


(ALB)