Sanksi FIFA Bukan Akhir Segalanya

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 04 Jun 2015 22:37 WIB
liga indonesiapssi dibekukankisruh pssi
Sanksi FIFA Bukan Akhir Segalanya
Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar (Foto: Antara/Dhoni Setiawan)

Metrotvnews.com, Bandung: FIFA menjatuhkan sanksi kepada Indonesia pada pekan lalu. Salah satu sanksi FIFA yakni Indonesia dilarang mengikuti turnamen internasional. Larangan tersebut mendapat tanggapan dari Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar.

Deddy menilai sanksi dari FIFA kepada PSSI bukanlah kiamat persepakbolaan di Indonesia.

"Sanksi itu bukanlah kiamat, tapi bagaimana pihak yang terkait sepak bola ini dapat memulai kembali dari awal, agar lebih baik lagi sepak bola Indonesia,"ucap Deddy, di kantor Bappeda Jabar, Bandung, Kamis (4/6/15).

Deddy menambahkan penyelesaian sanksi FIFA kepada PSSI juga bisa ditempuh dengan cara musyawarah antara Kemenpora bersama pengurus PSSI dan peserta liga di Indonesia.

"Saya yakin masalah ini bisa dipecahkan, kalau niatnya benar apa sih yang gak bisa, sama belanda saja kita bisa berunding. Masak sama bangsa sendiri tidak bisa berunding," ujarnya

Berikut Syarat FIFA jika sanski untuk PSSI dapat dicabut:

1. Pengelolaan tim Nasional diberikan kepada PSSI kembali.

2. Seluruh klub yang diberi lisensi PSSI sesuai dengan peraturan lisensi klub PSSI, harus bisa bertanding di kompetisi PSSI.

3. Komite Eksekutif PSSI harus kembali mengatur sepak bola Indonesia secara Independen, tanpa adanya campur tangan dari pihak lain, termasuk kementrian atau agensinya.

4. Tanggung Jawab seluruh kompetisi PSSI, diberikan kepada otoritas PSSI dan Bidang-bidang di bawahnya.


(PAT)