RI Sampaikan Keinginan Bergabung Kembali dengan OPEC

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 05 Jun 2015 08:08 WIB
opec
RI Sampaikan Keinginan Bergabung Kembali dengan OPEC
OPEC. AFP PHOTO /ALEXANDER KLEIN

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menghadiri undangan 6th International Seminar Organization of The Petroleum Exporting Countries (OPEC) yang dilaksanakan pada 3-4 Juni 2015 di Hofburg Palace, Vienna, Austria.

Dalam seminar OPEC, Sudirman mengatakan kepada Sekretaris Jendral OPEC Abdalla Salem el Badri dan beberapa negara utama anggota OPEC lainnya, bahwa Indonesia berkeinginan untuk bergabung kembali dalam OPEC.

"Secara khusus, OPEC akan mengadakan rapat pada Jumat, 5 Juni 2015 untuk membahas rencana Indonesia ini," kata Sudirman, seperti yang dikutip dalam siaran tertulisnya, Jumat (5/6/2015).

Keinginan Indonesia kembali ke OPEC disambut baik oleh anggota-anggota utama OPEC. Mereka menyatakan dukungan penuh terhadap keinginan Indonesia untuk bergabung kembali dalam OPEC karena Indonesia merupakan salah satu negara yang berperan dalam pendirian dan pengembangan OPEC.

"Kesempatan dukungan ini sempat tertunda selama beberapa tahun sejak kita menyatakan ketidakaktifan dalam OPEC," ujar Sudirman.

Lebih lanjut, Sudirman mengungkapkan, dengan bergabung kembalinya Indonesia dalam OPEC dapat membuka peluang kerja sama untuk penguatan kedaulatan energi nasional.

"Aktifnya kembali Indonesia di OPEC dan pertemuan bilateral dengan berbagai negara membuka kembali peluang kerja sama dan dukungan dari negara-negara anggota OPEC dalam penguatan kedaulatan energi," pungkas dia.

Sebagai informasi, dalam perjalanan menghadiri even besar itu, Menteri Sudirman didampingi oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja serta Staf Khusus Menteri Widhyawan Prawiratmadja.


(AHL)