Iran Tawarkan Kondensat & LPG ke Indonesia

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 05 Jun 2015 09:28 WIB
opec
Iran Tawarkan Kondensat & LPG ke Indonesia
Menteri ESDM Sudirman Said -- ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Metrotvnews.com, Jakarta: Iran menawarkan kondensat dalam jumlah besar, serta elpiji kepada Indonesia dalam pertemuan perkumpulan negara pengekspor minyak (OPEC).

Dalam kesempatan diskusi tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan selain membicarakan suplai minyak mentah, Iran juga menawarkan kondensat dan LPG.

"Dalam diskusi tersebut, selain crude, Iran juga menawarkan kondensat dalam jumlah besar dan LPG," ujar Sudirman, seperti dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Sudirman menjelaskan, kondensat dan elpiji yang ditawarkan Iran itu dilakukan lantaran saat ini produksi Iran cukup besar yaitu satu juta barel untuk kondensat. Sedangkan untuk produksi elpiji yaitu sekitar 15 juta metrik ton (MT).

Di sisi lain, Sudirman juga mengatakan bahwa Iran juga membuka kesempatan bagi Indonesia berinvestasi dalam bidang pupuk, mengingat harga gas di Iran sangat murah yaitu USD2 sampai USD3 per MMBTU. Adapun lokasi yang ditawarkan adalah di bagian selatan Iran yang dekat dengan Pakistan.

"Jika program ini diimplementasikan, maka Indonesia dapat memiliki suplai pupuk urea yang kompetitif dalam jangka panjang," ungkap Sudirman.

Sekadar informasi, pertemuan dan diskusi bilateral ini dilakukan oleh Menteri ESDM Sudirman Said saat menghadiri OPEC yang dilaksanakan pada 3-4 Juni 2015 di Hofburg Palace, Vienna, Austria. Sudirman menyatakan dengan aktif dan kembalinya Indonesia di OPEC dan pertemuan bilatera dapat dengan mudah membuka peluang kerja sama untuk membangun kedaulatan energi.

"Aktifnya kembali di OPEC dan pertemuan bilateral dengan berbagai negara membuka kembali peluang kerjasama dan dukungan dari negara-negara anggota OPEC dalam membangun kedaulatan energi. Kesempatan dukungan ini sempat tertunda selama beberapa tahun sejak kita menyakatan tidak aktif," jelas Sudirman.


(AHL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

14 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA