Inilah Faktor Penyokong Pelemahan Rupiah

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 05 Jun 2015 09:47 WIB
rupiah melemah
Inilah Faktor Penyokong Pelemahan Rupiah
Ilustrasi - AFP/ADEK BERRY

Metrotvnews.com, Jakarta: Harapan laju Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) untuk menguat kian sirna. Rupiah malah kembali berbalik melemah.

"Harapan rupiah bergerak kembali naik kandas, rupiah justru kembali melemah," ucap Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, dalam keterangan risetnya yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (5/6/2015).

Dia mengakui, ada beberapa faktor yang membuat rupiah melemah. Pertama, penguatan mata uang Won setelah merespons kenaikan GDP Korea Selatan (Korsel) yang tidak mampu memberikan sentimen positif karena diimbangi dolar Australia (AUD) berbalik melemah setelah rilis meningkatnya defisit neraca perdagangannya.

Kedua, tidak ketinggalan, kenaikan tipis ADP employment change dan berkurangnya defisit balance of trade, sehingga berimbas pada masih menguatnya laju USD.

"Akibatnya tentu membuat laju Rupiah tertahan penguatannya dan cenderung melemah seperti yang kami ulas sebelumnya," ungkap dia.

Pergerakan rupiah akan berada di level support Rp13.215 per USD. Di mana penguatan masih sementara. Sehingga membuat laju Rupiah rapuh dan mudah terjadi pelemahan. Dengan demikian terdapat kemungkinan tren pelemahan dapat berlanjut.

Oleh karena itu, dia berharap investor tetap mewaspadai adanya potensi pelemahan lanjutan (jika ada). "Dalam satu hari ini laju Rupiah akan berada di level Rp13.252-Rp13.238 per USD (kurs tengah BI)," tutup Reza.


(AHL)