OPEC, UEA Berpeluang Kelola Blok Minyak Indonesia

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 05 Jun 2015 10:09 WIB
opec
OPEC, UEA Berpeluang Kelola Blok Minyak Indonesia
Ilustrasi minyak mentah. AFP/ANDY BUCHANAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertemuan Organization of The Petroleum Exporting Countries (OPEC) membuka peluang Uni Emirat Arab (UEA) untuk berinvestasi mengoperasikan blok-blok minyak di Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan selain Iran yang menawarkan kerja sama, Pemerintah UEA juga membuka peluang untuk berinvestasi mengoperasikan blok minyak di Indonesia.

"Selain dengan Iran, Pemerintah Uni Emirat Arab juga membuka peluang untuk berinvestasi melalui National Oil Company (NOC) Mubadala Petroleum untuk mengoperasikan blok-blok minyak di Indonesia," kata Sudirman, dalam siaran pernya, di Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Sudirman menambahkan keinginan perluasan wilayah investasi UEA. Sampai saat ini Mubadala Petroleum telah mengoperasikan Blok Sebuku dan juga tengah melakukan joint study (tahap awal eksplorasi) di wilayah Natuna.

"Pemerintah UEA juga menawarkan untuk berpartisipasi dalam penanaman investasi untuk pembangunan kilang minyak," jelas Sudirman.

Lebih lanjut, untuk sektor hilir, Sudirman juga mengatakan, pemerintah UEA juga menawarkan minyak mentah dan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang skema pembeliannya langsung antara NOC.

"Di sisi hilir Pemerintah UEA menawarkan crude dan BBM dengan skema pembelian langsung antar NOC tanpa perantara," ungkap dia.


(AHL)