Ibu, Siapkan Ini Sebelum Anak Pertama Kali Masuk Sekolah

   •    Jumat, 05 Jun 2015 11:31 WIB
keluarga
Ibu, Siapkan Ini Sebelum Anak Pertama Kali Masuk Sekolah
Pertama kali sekolah hal yang mencemaskan sebagian anak. (Foto:idiva.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari pertama dimana anak mulai memasuki sekolah merupakan salah satu periode yang paling menarik sekaligus mencemaskan dari kehidupan seorang anak. Anda sebagai orang tua, harus mengetahui bahwa anak Anda menjadikan Anda sebagai panutan. Jika Anda tenang, yakin dan optimis maka anak Anda akan merasakan yang sama.

Anak-anak akan mengalami separation anxiety yaitu perasaan takut bahwa orang tua mereka akan meninggalkan mereka. Perasaan ini bisa dihindari jika orang tua dapat membantu hari yang akan dilalui mereka di sekolah dengan mudah, seperti melalui cara berikut:

- Jadwal tidur
Ini merupakan salah satu aspek yang paling penting bagi anak-anak sekolah. Mulai buat jadwal tidur, idealnya satu minggu sebelum sekolah. Sehingga, anak Anda dapat menyesuaikan pola tidur mereka dan cukup istirahat setiap malamnya. Seperti halnya orang dewasa, mereka akan menjadi rewel saat mereka lelah dan kurang tidur.

- Menjadi positif
Tekankan aspek positif dari sekolah yaitu awal belajar yang menyenangkan, bertemu teman-teman baru, banyak kegiatan yang harus dilakukan dan sebagainya. Segarkan ingatannya pada tahun-tahun sebelumnya di mana anak Anda mungkin kembali ke rumah dari TK dengan banyak cerita Anda.

- Berikan jaminan
Beritahu anak Anda untuk tidak merasa cemas karena dia bukanlah satu-satunya siswa yang gelisah di hari pertama bersekolah.

- Jadilah pendorong
Anda perlu mengingatkan mereka terkait prestasi yang didapat untuk membangun kepercayaan diri mereka. Bicara hal-hal yang menarik dan mulai membangun persahabatan dengan teman lainnya.

- Berikan hadiah
Anda bisa memberikan anak Anda hadiah agar mereka selalu mengingat jika anda selalu bersama dengan mereka meskipun mereka ada di sekolah. Ini bisa pensil, ataupun bekal makanan.

- Siaga kemamanan
Selalu mengingatkan anak-anak Anda akan pentingnya keselamatan. Buat mereka agar tahu bagaimana jalan di jalan raya, bertemu orang asing, pengganggu dan sebagainya. Pastikan anak Anda tahu nama orang tuanya dan nomor ponsel yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat. Anda bisa menyimpan nomor Anda pada buku yang ada di ranselnya.

- Carikan teman
Jika memungkinkan ada tetangga Anda yang bersekolah di tempat yang sama dengan anak Anda, Anda bisa menjadikan mereka teman dengan pergi bersama ke sekolah. Anda juga harus mendorong anak Anda untuk mencari teman baru di kelas dan mengajaknya bermain bersama. (Sumarni/Venusbuzz)



(LOV)