SEA Games 2015

Menpora Janjikan Bonus Atlet Tidak Telat

Achmad Firdaus    •    Jumat, 05 Jun 2015 15:44 WIB
sea games 2015
Menpora Janjikan Bonus Atlet Tidak Telat
Menpora Imam Nahrawi. (Foto: Antara/Vitalis Yogi Trisna)

Metrotvnews.com, Singapura: Selain berjuang mengharumkan nama bangsa, atlet Indonesia yang bertarung di SEA Games 2015, mendapat suntikan motivasi berupa bonus uang tunai. Pemerintah menjanjikan bahwa bonus untuk kali ini tidak akan jadi masalah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pemerintah dalam hal ini KONI, KOI, dan Kemenpora telah menyiapkan dana tak kurang dari Rp54 miliar sebagai bonus pada atlet-atlet yang meraih medali. Jumlahnya masih sama seperti SEA Games 2013 di Myanmar, yakni, Rp200 juta untuk medali emas, Rp50 juta untuk perak, dan atlet peraih perunggu diganjar bonus Rp30 juta.

Namun, bonus ini kerap menimbulkan permasalahan. Pada beberapa edisi sebelumnya, atlet-atlet yang sukses meraih medali sempat melontarkan kekecewaan karena bonus yang dijanjikan pemerintah tak kunjung cair, alias telat.

"Kami dari pemerintah tidak hanya semata-mata memberikan dorongan semangat, tapi ke depan, bonus itu betul-betul kita siapkan dengan baik. Saya berjanji tidak akan ada bonus yang telat," kata Menpora Imam Nahrawi kepada Metrotvnews.com di lobi Hotel Fairmont, Singapura saat akan melakukan pertemuan dengan perwakilan kontingen Indonesia.

Lebih jauh, Menpora berharap bonus yang diterima para atlet tidak berbentuk uang semuanya. Tapi, bisa berbentuk jaminan hari tua.

"Sebaiknya tidak semuanya cash, tapi bisa berupa asuransi tabungan pendidikan dan kesehatan sehingga ke depan bisa terus dinikmati," urainya.



(ASM)