Jelang Puasa & Lebaran

Stok Minim, Pasokan Beras & Gula Diklaim Mencukupi

Husen Miftahudin    •    Jumat, 05 Jun 2015 15:49 WIB
Stok Minim, Pasokan Beras & Gula Diklaim Mencukupi
Kiri ke kanan: Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kemendag Widodo, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag Srie Agustina. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina menyatakan, pasokan kebutuhan bahan-bahan pokok menjelang puasa dan Lebaran relatif mencukupi.

Mengacu pada pasokan di Pasar Induk Kramat Jati dan Pasar Induk Tangerang, jelas dia, pasokan beberapa kebutuhan bahan pokok seperti gula, beras, daging ayam, telur ayam, daging sapi, dan cabai mencukupi jelang puasa dan Lebaran. Meskipun untuk beras dan gula pasokannya minim, namun ia meyakini kebutuhan bahan pokok tersebut akan tercukupi hingga usai Lebaran nanti.

"Dari pantauan kami di lapangan, ternyata beras dan gula cukup meski stoknya minim. Kemudian daging ayam dan telur ayam melebihi dari cukup. Untuk daging sapi cukup, karena kita telah mengeluarkan izin impor, serta cabai yang pasokannya cukup untuk puasa dan Lebaran," ungkap Srie ditemui di kantornya, Jalan MI Ridwan Rais No 5, Jakarta Pusat, Jumat (5/6/2015).

Meskipun demikian, aku dia, pihaknya akan terus mengawal harga-harga kebutuhan bahan pokok jelang puasa dan Lebaran. Pasalnya, permintaan pada saat puasa dan Lebaran akan bahan-bahan pokok melonjak seiring meningginya kebutuhan bahan makanan pada saat puasa dan Lebaran.

"Meskipun stok cukup dan pasokannya cukup, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan harus mengawal harga agar tak naik signifikan. Karena menjelang puasa dan lebaran itu, permintaan relatif lebih tinggi," papar dia.

Memang, aku Srie, bahan-bahan pokok seperti beras dan kedelai tak akan meningkat drastis saat puasa dan lebaran. Namun, hal ini tetap menjadi perhatian pihaknya dalam mengantisipasi gejolak harga menyongsong bulan puasa dan Lebaran.

"Walaupun beberapa barang biasanya memang permintaannya tidak terlalu tinggi seperti beras dan kedelai, karena kita tidak mencari tahu dan tempe jelang puasa dan lebaran, namun hal itu harus dicermati untuk memastikan pasokan tercukupi agar harga tak melonjak terlalu tinggi," pungkas Srie.
(AHL)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

27 minutes Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA