Diduga Gunakan Ijazah Palsu, Anggota Komisi III Dilaporkan ke MKD

Githa Farahdina    •    Jumat, 05 Jun 2015 16:32 WIB
ijazah palsu
Diduga Gunakan Ijazah Palsu, Anggota Komisi III Dilaporkan ke MKD
Supriyadi, pelapor dugaan penggunaan ijazah palsu oleh Iwan Kurniawan. Foto: MTVN.com/Anggi Tondi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Gerindra Iwan Kurniawan dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Iwan diduga menggunakan ijazah palsu. Iwan dilaporkan LSM Forum Kalimantan Membangun yang menduga ijazah palsu digunakan saat mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPR RI.

"Saya ke sini melaporkan ke MKD DPR untuk melaporkan Haji Iwan Kurniawan dari Partai Gerindra yang juga anggota Komisi III karena memiliki ijazah palsu," kata Direktur Eksekutif Forum Kalimantan Membangun Supriyadi di Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Supriyadi semakin yakin penggunaan ijazah palsu itu setelah menanyakan hal tersebut kepada rektor Universitas Tri Tunggal Surabaya. Nama Iwan ternyata tak terdaftar di universitas tersebut.

Supriyadi mengaku mengenal Iwan sejak 2009. Saat itu Iwan mendaftarkan diri sebagai caleg menggunakan ijazah SMA. Namun pada 2014 Iwan sudah mendapat gelar Sarjana Hukum.

"Karena anggota DPR kan siapa yang tidak tahu dia. Karena itu dulu SMA, sekarang tiba-tiba punya gelar sarjana, itu yang saya curiga," tambahnya.

Supriyadi membantah ada muatan politis di balik laporannya ini. Sebagai simpatisan Prabowo Subianto, ia hanya ingin nama Ketua Umum Gerindrra itu bersih. Termasuk bersih dari orang-orang yang menggunakan ijazah palsu untuk mencari keuntungan sendiri.

"Selain ini, saya juga berencana ke Mabes Polri melaporkan hal tersebut," tegas Supriyadi.

Iwan terpilih sebagai anggota DPR dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah. Iwan belum berhasil dihubungi untuk menjelaskan tudingan ijazah palsu ini.


(DOR)