LKPP 2014 WDP, Jokowi: Jangan Ditepuki, Belum WTP!

Desi Angriani    •    Jumat, 05 Jun 2015 16:36 WIB
bpk
LKPP 2014 WDP, Jokowi: Jangan Ditepuki, Belum WTP!
Presiden Jokowi saat membacakan LKPP 2014. FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Bogor: Presiden Joko Widodo mengurai hasil Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2014 di hadapan para menteri dan pimpinan lembaga.

Seperti diketahui, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar dengan Pengecualian (WDP) terhadap LKPP 2014. Opini tersebut sama dengan opini yang diberikan BPK atas LKPP di 2013.

"Hari ini kita sudah tahu hasilnya dan BPK memberikan opini wajar dengan pengecualian. Jangan ditepuki, belum WTP (wajar tanpa pengecualian)," ujar Jokowi, usai penyampaian LHP-LKPP, di Istana Bogor, Bogor, Jumat (5/6/2015).

Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintahan saat ini akan memulai transisi baru. Sehingga pertemuan yang membahas laporan hasil pemeriksaan LKPP 2014 sangat penting dihadiri oleh para menteri dan pimpinan lembaga.

"Dan pertemuan ini penting karena selain kita dapat lapor BPK sekaligus menegaskan komitmen pemerintah meningkatkan akuntabilitas keuangan negara sehingga akuntable dan transparan," tegas Jokowi.

Dia menambahkan, LKPP 2014 senada dengan tahun sebelumnya. Bahkan dari 87 entitas laporan ada penurunan, yang terlihat dari jumlah kementerian yang meraih WTP menurun, dari 65 jadi 62.

Sebelumnya, Ketua BPK Harry Azhar Azis mengungkapkan selama 2014 Pemerintah telah memperbaiki permasalahan yang mempengaruhi kewajaran laporan keuangan di 2013. Namun demikian, tindak lanjut pemerintah belum sepenuhnya efektif untuk menyelesaikan permasalahan yaitu terkait suspen serta selisih catatan dan fisik Saldo Anggaran Lebih (SAL).


(AHL)