Perbedaan Tak Memecahbelah Kesatuan Bangsa

Ilham wibowo    •    Jumat, 05 Jun 2015 16:42 WIB
mpr ads
Perbedaan Tak Memecahbelah Kesatuan Bangsa
foto: Pelangi

Metrotvnews.com, Lampung: Persatuan dan Kesatuan Bangsa menjadi kunci keberhasilan dalam merealisasikan Bhineka Tunggal Ika. Isu tentang perbedaan yang memecah belah kesatuan NKRI harus mulai ditepis sedini mungkin.  

Seperti nilai Bhineka Tunggal Ika yang menyatukan berbagai perbedaan menjadi satu kesatuan dan kekayaan negara. Hal itu tertuang dalam Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan yang digelar Kemenko Polhukam, Jumat (5/6/2015), di Hotel Sheraton, Lampung.

Forum yangmengangkat tema “Membangun Wawasan Kebangsaan dengan Memperteguh Kebhinekaan dan Memperhatikan Kearifan Lokal". Ketua MPR Zulkifli Hasan mengungkap, sudah saatnya Bangsa Indonesia  berpikir maju ke depan. 

"Tidak lagi mempersoalkan perbedaan, melainkan fokus mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kemampuan SDM," ujarnya.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan, melalui pendidikan yang berkualitas dan menciptakan lapangan kerja. “Selain itu, kita juga harus memperhatikan kearifan lokal,” papar Zulkifli melalui pesan singkat yang diterima pewarta, Jumat (5/6/2015).

Menurut Zulkifli, Indonesia harus banyak berfikir tentang hal-hal yang memajukan bangsa.  Membahas tentang perbedaan untuk memecahbelah bangsa sangat tidak bijaksana. 

“Maka penting bagi masyarakat untuk meningkatkan wawasan kebangsaan melalui forum-forum seperti ini,”  ujar politisi PAN itu.

Zulkifli sendiri seyogyanya menjadi pembicara dalam acara yang dihadiri pula oleh Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo. Namun, mendadak agenda dibatalkan terkait undangan untuk ketua MPR dari Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor.

"Salam dengan teman-teman, maaf tidak hadir di Lampung sedang ada acara di Istana Bogor," tuturnya.

 


(LHE)