Dua Pekan Sudah, Kasus Pembunuh Jopi Jalan di Tempat

Arga sumantri    •    Jumat, 05 Jun 2015 17:14 WIB
pembunuhan
Dua Pekan Sudah, Kasus Pembunuh Jopi Jalan di Tempat
Jopi Teguh Lesmana Peranginangin dalam kenangan.Facebook/Dok

Metrotvnews.com, Jakarta: Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan Koalisi Solidaritas untuk Jopi mendesak POM AL mengungkap pembunuh Jopi Teguh Lesmana Peranginangin. Jopi tewas ditusuk sangkur, Sabtu 23 Mei dini hari.

"Proses penyidikannya juga kita tidak tahu sudah sampai mana," kata Deputi I Sekjen AMAN, Mina Susana Setra, di Rumah AMAN, Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Tebet Timur, Jakarta Selatan, Jumat (5/6/2015).

Mina merasa penanganan kasus Jopi tidak transparan dan sangat tertutup. Jadi, lumrah lahir asumsi negatif terhadap militer.


Jopi Teguh Lesmana Peranginangin.Facebook/Dok

"Kalau POM AL tidak cepat mengungkap kasus ini, kita bisa pikir macam-macam," tambah dia.

Tuntutan serupa, menurut Mina, juga datang dari pihak keluarga. Pihak keluarga penasaran siapa dalang di balik pembunuhan aktivis lingkungan hidup itu.

"Keluarga ingin tahu, sampai di mana proses penyidikan, nama-nama yang terlibat serta pangkat dan kesatuan apa. POM AL harus transparan jelaskan ini," beber Mina.

Jopi dianiaya hingga tewas oleh empat sampai tujuh orang usai kongkow di sebuah diskotek di Kemang, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Sabtu pekan kemarin. Penyerang, menurut teman-teman Jopi, mengaku tentara.


Jopi Teguh Lesmana Peranginangin.Istimewa/Dok

Jopi mengembuskan napas terakhir akibat luka tusukan di punggung menembus jantung atau paru-paru.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Manahan Simorangkir membenarkan pembunuh Jopi tentara. Inisialnya JL.

 


(ICH)