Alasan Produksi Minyak Indonesia Terus Turun

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 05 Jun 2015 18:17 WIB
minyak mentah
Alasan Produksi Minyak Indonesia Terus Turun
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi menilai produksi minyak di Indonesia mengalami penurunan terus menerus, karena sistem tata kelola migas yang masih berbelit-belit.

Menurut anggota DPR Fraksi Nasdem ini, hal ini terjadi karena sistem dari tata kelola migas masih mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 tahun 2001.

"Proses investasi migas tata kelola sekarang sangat ribet, berbelit," kata Kurtubi, dalam diskusi 'Mendambakan Undang-Undang Migas yang Konstitusi', di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Kurtubi menjelaskan, UU tersebut membuat investasi enggan berinvestasi sehingga berdampak pada kegiatan eksplorasi dan produksi. "Dengan sistem Undang-Undang Migas ini ribet eksplorasi, anjlok investasi tidak ada yang masuk, produksi anjlok," jelas dia.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan pasokan minyak, Kurtubi mengakui, Indonesia masih sangat membutuhkan peran investor asing dalam kegiatan eksplorasi. Pasalnya, bila mengeluarkan uang negara untuk mencari minyak, menurutnya hal itu sangat berisiko.

"Kita tetap butuh investasi karena berbagi risiko, kalau pergunakan uang negara mencari minyak penuh risiko," tutup dia.


(AHL)