Menlu Belanda Bahas Dakwaan untuk Penembak Malaysia Airlines MH17

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 06 Jun 2015 17:31 WIB
malaysia airlines
Menlu Belanda Bahas Dakwaan untuk Penembak Malaysia Airlines MH17
Puing pesawat Malaysia Airlines MH17 (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Den Haag: Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders mengatakan, dirinya membahas upaya untuk mendakwa terduga pelaku penembak pesawat Malaysia Airlines MH17. Pertemuan ini dilakukan dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov.

Pembahasan ini dilakukan di saat Koenders melakukan kunjungan ke Moskow, Rusia. Selain mengenai MH17, Koenders juga membicarakan larangan bagi petinggi Eropa untuk memasuki Rusia.

"Pembicaraan itu tidak mudah karena banyak ketidaksepahaman dalam beberapa isu. Tetapi kami harus melakukan diskusi itu," ujar Koenders, seperti dikutip IBTimes, Sabtu (6/6/2015).

"Sangat penting bagi kami untuk membahas Resolusi Dewan Keamanan PBB 2166, untuk mencari pelaku yang bertanggungjawab (atas jatuhnya MH17) dan membawanya ke pengadilan," lanjutnya.

Koenders menjelaskan bahwa Lavrov mengonfirmasi bahwa Rusia mendukung resolusi itu. Menurutnya, sudah menjadi tanggungjawab bagi kedua negara agar dunia internasional fokus kepada MH17.

"Kita berutang kepada korban dan keluarganya," tegas Koenders.

Resolusi PBB 2166 yang diloloskan pada Juli 2014 lalu, mendesak mereka yang bertanggungjawab atas jatuhnya MH17 itu, untuk dibawa ke pengadilan. Selain itu, seluruh negara harus bekerja sama penuh untuk mencari pelakunya.

Pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17, membawa 298 orang saat ditembak jatuh di wilayah timur Ukraina. Negara Barat yakin bahwa kelompok separatis pro-Rusia yang tengah berperang melawan pemerintah Ukraina, bertanggungjawab dalam insiden itu.
 


(FJR)