Kenapa XCOM 2 Eksklusif untuk PC?

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 07 Jun 2015 12:01 WIB
games
Kenapa XCOM 2 Eksklusif untuk PC?
Cuplikan game XCOM 2

Metrotvnews.com: Beberapa hari yang lalu, Firaxis telah mengumumkan bahwa XCOM 2 akan hadir pada bulan November mendatang. Tidak seperti seri XCOM sebelumnya yang juga dirilis untuk konsol, XCOM 2 hanya akan hadir secara eskklusif di PC. Keputusan Firaxis tersebut sempat mengundang tanda tanya.

Creative Director untuk XCOM 2, Jake Solomon, mengatakan kepada IGN bahwa ada beberapa alasan mengapa XCOM 2 hanya akan hadir di PC. Menurut Jake, alasan pertama datang dari timnya yang dari awal memang ingin membuat game tersebut untuk PC.

Ia juga mengatakan bahwa game XCOM 2 memiliki antarmuka yang telah dioptimalkan untuk penggunaan di PC. Tidak hanya itu, kata Jake, dukungan terhadap controller kemungkinan tak akan digulirkan dalam game ini.

Alasan lain mengapa Firaxis tidak ingin merilis XCOM 2 di platform selain PC adalah karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki studio game tersebut. Xbox One dan PlayStation 4 memang memiliki kemampuan untuk menjalankan XCOM 2, tetapi Firaxis tak bisa bekerja membuat game tersebut hadir di platform yang berbeda secara bersamaan.

Alasan terakhir mengapa XCOM 2 hanya akan hadir di PC adalah adanya fitur mod yang akan dihadirkan di XCOM 2. Seperti yang diketahui bahwa platform lain tidak memiliki dukungan terhadap mod, padahal menurut Jake, mod adalah salah satu fitur terbesar di XCOM 2.

Sebagai tambahan, jake mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan bahwa XCOM 2 akan dirilis di konsol, dan hal tersebut belum dibicarakan hingga saat ini. (PC GAMER)


(ABE)