Google Berencana Kembali Hadirkan Google Play Store di Tiongkok

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 07 Jun 2015 12:17 WIB
google
Google Berencana Kembali Hadirkan Google Play Store di Tiongkok
Akankah Google Play Store dapat kembali hadir di Tiongkok? (foto: digitaltrends.com)

Metrotvnews.com: Google nampaknya telah belajar dari kesalahannya yang membuatnya harus mundur dari salah satu pasar terbesar dunia, yaitu Tiongkok. Setelah mundur dari Tiongkok di lima tahun silam karena bermasalah dengan peraturan setempat, Google dikabarkan akan kembali menghadirkan layanan Google Play Store-nya di sana. Salah satu yang ditengarai membuat Google ingin kembali adalah keberhasilan Apple yang dapat meminta pemerintah setempat untuk mengijinkannya membuka layanan Apple App Store di Tiongkok.

Di kuartal sebelumnya, Tiongkok merupakan negara dengan jumlah pengakses dan pengunduh aplikasi terbanyak di Apple App Store. Hal tersebut tentunya membuat Google semakin tidak bisa membiarkan peluang yang ada di salah satu pasar terbesar di dunia tersebut diraup oleh Apple. Berangkat dari sana, menurut China Business News, Google akan berusaha kembali menghadirkan layanan Google Play Store kepada masyarakat Tiongkok yang jumlahnya telah mencapai angka milyaran.

Memasuki pasar Tiongkok tidaklah mudah. Selain dengan Apple, Google pun harus bersaing dengan layanan penyedia aplikasi lainnya yang telah sangat kuat berdiri di Tiongkok, seperti Baidu. Tidak hanya itu, berbagai layanan Google, terutama Gmail yang menjadi kunci untuk membuat akun di Google Play Store pun hingga kini masih diblokir oleh pemerintah setempat. Hal tersebut tentunya akan membuat kondisi Google sedikit lebih rumit jika ingin kembali menhadirkan Google Play Store di Tiongkok. (Digital Trends)


(ABE)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA