DPR: Pansel KPK Harus Cari 'Manusia Setengah Dewa'

Surya Perkasa    •    Minggu, 07 Jun 2015 16:45 WIB
pansel kpk
DPR: Pansel KPK Harus Cari 'Manusia Setengah Dewa'
Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Alhabsy--Foto: MI/Mohammad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Seleksi Komisioner KPK (Pansel KPK) memiliki tantangan berat dalam menyaring pimpinan lembaga antirasuah yang baru. Pasalnya, lembaga ini akan semakin banyak dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan penegakan hukum.

"Menjadi Pansel KPK itu tugas yang sangat berat. Bahkan mereka harus memilih manusia setengah dewa," kata anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsy, Minggu (6/7/2015).

Beragam permasalahan kini sedang dihadapi. Mulai dari citra dan kemampuan KPK yang mulai dipertanyakan, hingga beragam upaya pelemahan KPK.

Karena alasan itu Aboebakar berpendapat, Pansel KPK harus memerhatikan beberapa hal penting. "Penyaringan harus dilakukan dengan cermat, transparan, akuntabel dan nonpartisan," kata dia.

Pansel KPK harus melihat detail profil calon pimpinan KPK serta transparan dalam melakukan proses penyaringan. "Artinya dilakukan secara terbuka dan dapat diakses informasinya oleh masyarakat luas," kata politikus PKS itu.

Akuntabel berarti setiap proses yang dilakukan harus dapat dipertanggungjawabkan. Yang paling penting, semua proses harus dilakukan secara profesional. "Jangan sampai mereka terlihat partisan atau memprioritaskan kelompok tertentu," tutur dia. 


(MBM)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA