Raja Mangrove Asal Brebes Raih Kalpataru 2015

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 07 Jun 2015 21:29 WIB
penghargaan
Raja Mangrove Asal Brebes Raih Kalpataru 2015
Mashadi dan istri foto bersama Bupati Brebes Idza Priyanti. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Mashadi, warga Brebes yang dijuluki Raja Mangrove ini berhasil meraih penghargaan Kalpataru. Penghargaan tertinggi tingkat nasional di bidang lingkungan hidup ini diberikan langsung Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jumat, 5 Mei lalu.

“Yang saya lakukan semata-mata untuk menyelamatkan pesisir Pantai Brebes. Alhamdulillah, saya bersama kelompok binaan berhasil menanam 2.260.000 batang mangrove seluas 200 hektare,” kata Mashadi kepada Metrotvnews.com,  Minggu (7/5/2015) pagi.

Sejak 2005, Mashadi berhasil merehabilitasi hutan mangrove, mengelola pesisir, memberdayakan masyarakat pesisir, dan menguatkan kelembagaan kelompok. Ia juga berperan besar menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan pantai, terutama melestarikan kawasan hutan mangrove.

Atas jasa Mashadi, saat ini sudah terbentuknya sabuk hijau di sebagian wilayah pesisir Kabupaten Brebes.

Kegiatan rehabilitasi mangrove mampu melindungi tambak petani dari gempuran ombak. Dalam kurun lima tahun terakhir bahkan mampu menangkap sedimen di beberapa titik muara sungai lebih dari 40 hektare. Di kawasan hutan itu juga saat ini hidup sejumlah spesies reptil dan burung.

Mashadi sudah mulai melestarikan hutan mangrove saat mendapati abrasi yang menggerus daratan Pantai Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi pada 1985. Hingga 2010 terjadi abrasi hingga 850 hektare.

Saat ini, 25 hektare tambak yang terancam dapat terlindungi. Sementara sawah yang tercemar air laut dapat diolah kembali. "Dari 22 hektare sawah terdampak, 16 hektare di antaranya dapat dikelola, kata suami dari Muryati ini.
 


(UWA)

KPK Periksa Ketua Komisi II DPR

KPK Periksa Ketua Komisi II DPR

26 minutes Ago

Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap diperiksa terkait kasus korupsi KTP elektronik.
 

BERITA LAINNYA